Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tidak Boleh Minum Teh Sebelum Tidur?

Pernah mendengar nasehat untuk tidak minum teh sebelum anda berangkat tidur? Ok, teh memang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh kita, namun kandungan kafein dalam secangkir teh, meskipun sedikit juga bisa membuat orang yang sensitif dengan efek kafein jadi sulit tidur.

Berapa banyak kandungan kafein dalam teh?

Diperkirakan tiap cangkir teh juga mengandung sekitar 15-40 mg kafein. Kandungan kafein ini ditentukan dari lamanya waktu daun teh dikeringkan. Seperti yang kita ketahui, Kafein sendiri merupakan suatu zat stimulan susunan saraf pusat yang akan meningkatkan frekuensi nafas, nadi, tekanan darah, serta merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon stres. Dampak yang dirasakan tubuh seperti pusing, jantung berdebar keras, dan insomnia (kesulitan tidur).

Beberapa penilitan juga membuktikan bahwa kandungan kafein di dalam teh, lebih besar dibanding yang ada pada kopi dalam takaran yang sama.

Teh merupakan minuman yang dipercaya memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan. Berbagai penelitian epidemiologi di banyak negara membuktikan bahwa senyawa fitokimia dalam teh berdampak pada turunnya kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Adapun kandungan fitokimia dalam teh seperti  fluoride, asam amino L-theanine, antioksidan flavonoid, quercetin, kaempfrol, myricetin, dan kafein.

Jadi, kesulitan tidur yang anda alami memang ditimbulkan dari efek kafein yang terdapat dalam teh yang anda konsumsi. Oleh karena itu saran saya, hindari minum teh pada malam hari, sehingga tidak mengganggu waktu istirahat anda.

Posting Komentar untuk "Mengapa Tidak Boleh Minum Teh Sebelum Tidur?"