Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Menguncir Rambut Bisa Berbahaya dan Cara Mengatasinya

Tahukah anda bahwa menguncir rambut itu berbahaya bagi kesehatan rambut yang sudah anda rawat baik-baik selama ini? Bagaimana bisa?

Gaya rambut ekor kuda – kucir – atau ponytail ini memang sederhana, praktis, cepat dilakukan, memberi kesan muda dan segar. Sehingga, ada sekolah yang mewajibkan peserta didik perempuan yang rambutnya melebihi bahu untuk mengikat rambut dengan gaya seperti ini. Yang menentang biasanya merasa terganggu karena tidak bisa aneh-aneh dengan rambutnya, dan tidak bisa menyembunyikan kabel earphone di telinganya, haha….

Tapi jarang sekali yang mengajukan alasan bahwa mengikat rambut dengan gaya ekor kuda itu tidak baik untuk rambut. Jelasnya seperti ini…

kuncir rambutRambut itu harus dirawat dan diperlakukan dengan lembut. Hnah, perlakuan menguncir rambut itu membuat rambut mengalami tekanan yang besar dalam waktu yang lama dan berulang. Maka, tindakan mengikat rambut ini bisa membuat rambut jadi rapuh dan jadi rontok.

Pada waktu anda menyisir rambut dan mengarahkannya ke belakang untuk kemudian diikat erat-erat, terjadi apa yang disebut dengan mini treatment facelift, atau tertariknya kulit wajah karena tarikan kebelakang sebab pengikatan rambut tadi. Rambut kan menempel di kulit kepala to…. Jika ini berlangsung setiap hari, bisa mengganggu saraf dan menyebabkan sakit kepala.

Kucir ekor kuda yang terlalu ketat juga membuat rambut halus di kulit kepala jadi rentan rusak. Helai rambut halus adalah helai rambut yang paling rentan terhadap kerusakan akibat traksi (tarik-menarik rambut dengan karet) dari waktu ke waktu. Akhirnya rambut jadi rontok dan akar rambut rapuh.

Kondisi yang demikian akan jadi lebih parah bila Anda menerapkan gaya kucir ekor kuda setiap hari. Terus-menerus mengikat rambut di tempat yang sama dengan daya ikat yang kencang akan meninggalkan bekas berbentuk gelombang di rambut.

Selain itu, traksi yang konstan bisa mencetuskan peradangan di sekitar folikel rambut. Pada akhirnya, tak hanya folikel yang berangsur rusak, tetapi juga bisa mengganggu proses pertumbuhan rambut baru.

Jika memang anda wajib mengikat rambut, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi resikonya?

Coba saja untuk mengikat rambut dengan tinggi yang berbeda-beda setiap harinya. Juga bisa dibuat menyamping. Intinya jangan terus menerus mengikat rambut diposisi yang sama terlalu lama. Lagipula, jika posisinya sama terus setiap hari, rambut anda akan cenderung bergelombang di tempat itu.

Jangan mengikat rambut ketika rambut anda masih basah. Jika anda bekerja atau masih sekolah, ya usahakan jangan keramas di pagi hari. hehe….

Yang kedua, pakai karet rambut yang lunak dan elastisitas yang baik. Jangan memakai karet gelang yang biasa dipakai untuk mengikat palstik bungkus minyak itu. Pakailah karet rambut yang dilapisi kain atau semacamnya, sehingga tidak beresiko membuat rambut sulit terlepas.

Tidak perlu mengikat rambut dengan sangat erat. Upayakan masih ada jarak antara kulit kepala dengan batas akhir rambut terikat. Sumber: YouBeauty, credit foto: http://www.sheclick.com

Posting Komentar untuk "Mengapa Menguncir Rambut Bisa Berbahaya dan Cara Mengatasinya"