Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rambut Bergelombang Karena Ikatan

Jengkel dengan rambut bergelombang karena diikat? Hehe, ini bisa membuat kamu jengkel, terlebih buat yang baru saja melakukan smoothing. Sudah biayanya lumayan mahal, waktunya juga lama, eh, setelah diikat, rambut yang sebelumnya lurus jadi bergelombang.


Tidak jelas mengapa kebanyakan sekolah, mewajibkan pelajar perempuan yang memiliki rambut melebihi bahu untuk mengikat rambut mereka. Itupun dengan tambahan aturan ikat ekor kuda, atau maksimal hanya boleh 2 ikatan. Mungkin supaya terlihat lebih rapi dan mengurangi kesibukan siswanya untuk mengurusi rambut.

Padahal, mengikat rambut dalam waktu lama itu akan membuat rambut bergelombang, dan juga memiliki efek yang kurang baik bagi rambut itu sendiri, maupun kesehatan tubuh secara umum.

Masalahnya, kita terkadang berada dalam posisi tidak bisa menawar, alias terikat dengan peraturan. Jadilah, rambut yang maunya lurus jadi bergelombang karena diikat.

Ada satu cara sederhana untuk menghilangkan bekas gelombang di rambut.
rambut diikat
Gunakan krim santan kelapa. Cara membuat krim-nya begini:
  • perut kelapa secukupnya, peras, dan ambil santan kentalnya. Supaya mendapat yang kental, jangan menambahkan air ketika memerasnya.
  • Campuran air jeruk limau, aduk sekadarnya
  • Simpan di dalam lemari es sampai terbentuk krim
Ok, krimnya sudah jadi, sekarang cara memakai krim santan tadi untuk meluruskan rambut yang bergelombang karena diikat tadi. Begini:
  • Usapkan krim santan tadi perlahan-lahan pada rambut
  • Setelah rata, tutup rambut anda dengan handuk.
  • Diamkan selama kurang lebih satu jam
  • Bilas hingga bersih. Boleh pakai shampoo, tapi yang lembut saja ya…
  • Lakukan 3 kali seminggu.

Apakah rambut akan menjadi lurus kembali?


Ya lihat dulu aslinya bagaimana. Krim santan dan air jeruk limau tadi berfungsi untuk mengembalikan atau membuat rambut jadi lebih halus, lembut, dan lembab. Maka rambut akan terlihat lurus lagi.

baca juga: Ini 3 Kerugian Menggunakan Kredivo Untuk Kredit Online Tanpa Kartu Kredit.

Tips lain untuk mengurangi rambut bergelombang karena diikat


Jangan pernah mengikat rambut ketika masih dalam keadaan basah, entah karena baru saja keramas atau karena keringat. Setelah benar-benar kering baru ikat rambut anda.

Jangan mengikat terlalu erat, dan upayakan tempatnya berpindah-pindah, misalnya agak mepet ke kulit kepala, kemudian turun sedikit, dan seterusnya. Jangan di satu tempat setiap hari.

Jika gelombang yang muncul karena diikat tadi tidak terlalu parah, anda cukup memberi sedikit air supaya kembali lembab dan menyisirnya. Tidak akan spontan lurus sih, tapi lumayan menjadi agak jatuh.

Yang paling mudah, tapi anda akan menolaknya, potong saja sampai di atas bahu, hehe… Ga solutif banget ya…. Haha…

Meskipun yang berikut ini 'kurang' alami, tapi jika anda memang ingin segera mengembalikan rambut lurus anda, tidak ada salahnya menggunakan alat. Rata-rata harganya cukup murah. Ada yang kurang dari 30 ribu rupiah. Asal anda menggunakannya dengan hati-hati dan tidak berlebihan, maka penggunaan alat pelurus rambut akan tetap aman untuk kesehatan dan keindahan rambut anda.

Silahkan baca Pilihan Alat Pelurus Rambut Yang Aman.

Bagaimana? Semoga rambut lurus anda cepat kembali deh....