Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batas Umur Tinggi Badan Pria dan Wanita Menurut Dokter

Berapa batas umur tinggi badan pria dan wanita sampai tingginya tidak lagi bisa bertambah menurut dokter? Ada yang mengatakan bahwa tinggi badan seseorang sangat dipengaruhi oleh tinggi badan orang tuanya. Kalau orang tuanya memiliki badan yang tinggi, maka kemungkinan besar keturunannya juga akan tinggi, demikian pula sebaliknya.

Namun, dengan beberapa perlakukan khusus seperti melakukan olah raga untuk menambah tinggi badan, menghindari kegiatan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan, dan juga mengkonsumsi makanan untuk menambah tinggi badan, maka seseorang yang secara genetis pendek, alias berasal dari orang tua yang tinggi badannya agak kurang, bisa diperbaiki.

Masalahnya, tulang kita memiliki masa atau umur dimana setelah batas umur tinggi badan badan pria dan wanita tercapai, maka bisa jadi percuma saja melakukan apapun untuk meninggikan badannya.
Salah-salah, bukannya tambah tinggi, #eh malah tambah gemuk, hehe…

Lalu, sebenarnya berapa batas umur tinggi badan pria dan wanita menurut ilmu kesehatan atau dokter?

Batas Umur Tinggi Badan Pria dan Wanita

Sampai umur berapa tinggi badan pria dan wanita berhenti bertambah?

Batas umur pria dan wanita sebelum tinggi badannya berhenti tumbuh berbeda. Pria punya waktu lebih panjang sebelum tulang-tulang tubuhnya berhenti tumbuh. Sementara wanita, rentang masa tumbuh tulangnya lebih pendek tetapi bisa berjalan lebih cepat.

Pada pria, tulang lengan atasnya akan mulai menutup dan berhenti tumbuh ketika pria itu berusia 20 tahunan, bisa sampai usia 25 tahun. Sementara tulang pahanya akan berhenti tumbuh saat pria berusia 17 sampai 21 tahun.

Pada wanita, penutupan epifisis tulang lengan atas sudah dimulai sejak mereka berusia 18 sampai 22 tahun. Kalau tulang paha wanita akan mulai menutup saat mereka berusia 15 tahun dan benar-benar berhenti ketika menginjak usia 19 tahun.

Secara alami, wanita memang memiliki rentang waktu yang lebih pendek untuk berkemungkinan menambah tinggi tubuhnya dibanding pria. Kalau kita lihat rata-ratanya sih, baik untuk pria maupun wanita batas umur penambahan tinggi badannya adalah antara 17 sampai 20 tahun.

Mengapa batas umur tinggi badan pria berbeda dengan wanita?

Mengapa batas umur penambahan tinggi badan pria dan wanita berbeda? Tak lain penyebabnya adalah karena secara hormonal, pria dan wanita memang berbeda. Termasuk hormon yang mempengaruhi tinggi badan.

Hormon manusia yang paling mempengaruhi pertumbuhan tulangnya adalah hormon pertumbuhan, hormon tiroid, dan hormon kedewasaan.

Perbedaan ini termasuk di dalamnya dalam hal jumlah, jumlah produksi, dan waktu kapan hormon tersebut berkembang pada setiap individu.

Usia terbaik untuk memaksimalkan tinggi badan

Usia paling bagus untuk menambah tinggi badan adalah masa ketika seseorang berusia di bawah 14 tahun atau remaja. Inilah usia terbaik jika anda ingin memperbaiki tinggi badan.

Pada usia 14 tahun kebawah, tulang manusia sedang berada dalam masa-masa terbaik pertumbuhannya.

Sehingga sangat disarankan untuk memanfaatkan usia ini dengan maksimal untuk menambah tinggi badan.

Untuk menambah tinggi badan, seseorang harus memerhatikan asupan makanan yang bagus berikut dengan pola makan yang tepat.

Perhatikan juga jenis makanan yang memang bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Sementara konsumsi suplemen peninggi badan bisa dipertimbangkan asal selalu berada dalam pengawasan dokter.

baca juga: Pilihan Suplemen Tulang Penambah Tinggi Badan Terbaik.

Jika umur anda sudah lebih dari batas atas tadi, maka sebaiknya anda lebih fokus untuk meningkatkan dan menonjolkan potensi diri anda yang lain dari pada cuman berkutat di urusan tinggi badan.

Jika anda memaksakan, bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal, atau malah tidak ada efek positifnya sama sekali.

Senantiasa berkonsultasilah dengan dokter yang kompeten sebelum menjalani diet, terapi, atau tindakan khusus yang berkaitan dengan upaya anda untuk menambah tinggi badan.