Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berhenti Lakukan 7 Hal Ini Supaya Pagi Kamu Lebih Bersemangat

Memulai hari di pagi hari dengan bersemangat dan penuh energi akan membuat energi positif anda terbangun. Dengan begitu, seharian anda akan lebih produktif dan menikmati apapun yang anda lakukan dengan lebih mudah.

Setiap dari kita, mempunyai kebiasaan masing-masing setelah membuka mata. Dari banyak kebiasaan itu, ada beberapa yang sebaiknya tidak lagi anda lakukan. Dan berikut ini adalah 7 hal yang sebaiknya tidak anda lakukan lagi, supaya pagi hari anda lebih bersemangat yang saya sadur dari PureWow.

7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Pagi Hari

  1. Menekan tombol snooze
  2. Mandi keramas dengan air hangat
  3. Minum kopi
  4. Memasak sarapan
  5. Memeriksa email
  6. Membuka Facebook, Instagram, dan semua akun medsos
  7. Stress dengan pilihan busana

7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Pagi Hari

1. Menekan tombol snooze

Sekali kita menemukan alasan untuk membenarkan menunda bangun setelah mendengar suara alarm dengan menekan tombol snooze, kita akan jadi sangat terbiasa. Dan kebiasaan buruk ini akan semakin sulit dihilangkan jika anda tidak melatih diri segera bangun begitu mendengar alarm.

Alasan lain yang lebih ilmiah adalah, bahwa setiap kali anda menekan tombol snooze dan terlelap lagi, maka anda memulai siklus tidur baru lagi yang akan segera dihentikan ketika alarm berbunyi lagi setiap 5 atau 10 menit tergantung pengaturan alarm anda. Dan karena siklus tidur anda terputus sebelum benar-benar selesai, kemungkinannya, anda akan merasa lebih lelah ketika memutuskan untuk berhenti jadi putri tidur.

2. Mandi keramas dengan air hangat

Hmmmm, harus diakui, mandi sekaligus keramas pakai shower air hangat selama 15 menit itu memang super nyaman. Tapi berlama-lama menikmati air hangat itu terlalu memanjakan tubuh di pagi hari.

Mandi dengan cara seperti ini akan membuat tubuh anda relax dan juga menurunkan denyut jantung anda. Yang mana, akan lebih menyiapkan tubuh anda untuk bersiap tidur daripada bersemangat dan bugar untuk memulai hari.

Sangat lebih baik untuk mandi dengan air dingin dengan cepat yang akan membantu tubuh anda menjalani hari dengan penuh energi.

3. Minum kopi

Aneh ya? Mengapa tidak baik minum kopi di pagi hari segera setelah bangun? Bukannya kafein dalam kopi akan membantu metabolisme tubuh untuk lebih cepat terjaga?

Untuk kebanyakan orang, waktu ideal minum kopi adalah setelah jam 9:30 pagi.

Asupan kafein yang anda terima terlalu pagi, justru akan menurunkan produksi kortisol dalam tubuh. Kortisol inilah yang secara alami membuat anda bangun.

4. Memasak sarapan

Memasak sarapan loh ya, bukan jangan sarapan. Tetaplah sarapan. Hanya saja, anda tidak perlu memasak menu khusus yang membutuhkan waktu relatif lama untuk memasaknya.

Daripada menghabiskan waktu memasak hanya untuk menambahi simpanan kalori (dan lemak) yang sudah anda timbun sejak makan malam kemarin, akan lebih baik untuk membuat makanan dengan resep sederhana yang bisa dibuat dalam waktu singkat, seperti sandwich atau omelet.

5. Memeriksa email dan aplikasi chatting

Tampaknya bukan hal buruk untuk dengan cepat memeriksa email yang masuk, pesan-pesan di aplikasi messenger seperti WhatsApp, BBM, Line, Telegram, atau FB Messenger. Barangkali saja ada pesan yang sifatnya mendesak dan sangat penting.

Padahal, itu sama artinya dengan memulai hari untuk stress. Mengapa?

Ok, awalnya anda hanya ingin memeriksa sebentar. Kemudian ada beberapa pesan yang sangat menggoda anda untuk memberi tanggapan. Dan tanpa sadar, 30 menit waktu anda yang sangat berharga di pagi hari sudah berlalu begitu saja.

Belum lagi kalau ternyata ada pesan dari kantor atau teman yang sifatnya tidak mendesak tapi menyangkut isu yang sensitif bagi anda, keluarga, atau pekerjaan anda, hmmm… Artinya, anda sudah bersukarela untuk stress, bahkan sejak anda mulai membuka mata.

6. Membuka Facebook, Instagram, dan semua akun medsos

Tak bisa dipungkiri, akun media sosial memang banyak manfaatnya. Sesuatu yang seharusnya digunakan untuk mengisi waktu, jadinya malah mengambil waktu terlalu banyak. Sesuatu yang tidak pernah akan bisa kembali.

Awalnya juga membuka aplikasi Facebook, scroll sedikit ke bawah, #eh, ada video lucu banget. Toh videonya cuman satu setengah menit. Lalu ada video lucu lainnya yang tak kalah seru. Satu setengah menit lagi. Begitu seterusnya, dan entah sudah berapa menit terbuang.

Tunggulah sampai waktu istirahat makan siang untuk mengakses semua akun media sosial anda. Percayalah semua yang asik-asik itu masih ada di sana kog.

7. Stress dengan pilihan busana

Memilih busana di pagi hari untuk anda yang pekerjaannya tidak menuntut seragam itu bisa menghabiskan banyak energi dan waktu. Buat yang pakai seragam sih, itu bukan masalah.

Supaya lebih efektif waktu pagi hari anda, tentukan saja pilihan baju anda malam sebelum tidur. Setrika juga sekalian. Jadi pagi tinggal pakai.

Khusus buat anda yang cenderung memilih busana berdasarkan mood, tips begini, ketika bingung mau pakai yang mana, ambil dua pilihan baju dan setelannya sebelum mandi, jauhkan dari lemari baju. Seusai mandi pagi, ambil mana yang bagi anda paling pas.

Karena hanya memilih satu dari dua, maka kegalauan anda menentukan busana pagi itu akan lebih mudah dan cepat ditentukan. Kan? Jangan lupa baca juga Inilah Cara Paling Mudah Mengatasi Sakit Hati Yang Bisa Merusak Harimu.

Posting Komentar untuk "Berhenti Lakukan 7 Hal Ini Supaya Pagi Kamu Lebih Bersemangat"