Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Cuci Rambut Anda Setiap Hari! Mengapa?

Anda biasa mencuci rambut atau keramas setiap hari? Setelah membaca artikel ini, mungkin anda akan punya alasan untuk berhenti melakukannya.

Ada beberapa merek shampoo yang mempunyai varian aman digunakan setiap hari. Bukankah itu artinya, mereka, pabrik shampoo itu, mengakomodir, mengamini, mengiyakan, dalam tanda kutip ‘menyuruh’ kita untuk percaya bahwa keramas setiap hari itu baik, aman, dan sama sekali bukan masalah – emmm, setidaknya sekarang. Sampai ada orang yang merasa bersalah ketika hari itu, entah karena sesuatu, dia tidak sempat keramas.

Ok, inilah alasan mengapa anda tidak perlu keramas setiap hari.

Rambut lebih mudah ditata

Jika anda perlu ke salon untuk menata rambut, misalnya karena anda butuh tatanan tertentu untuk menghadiri suatu acara, pertanyaan yang biasa muncul dari stylist-nya adalah kapan terakhir keramas.

Rambut yang baru saja dicuci dan dikeringkan dengan hair dryer lebih susah ditata dibandingkan dengan rambut yang dikeramasi sehari atau dua hari sebelumnya. Rambut yang bersih biasanya lebih licin sehingga mudah keluar dari jepit. Lebih susah diatur.

rambut bagus tidak keramas tiap hari

Warna rambut anda akan lebih awet

Kalau anda mewarnai rambut, baik itu keseluruhan atau hanya highlights, keramas akan memudarkan warna rambut anda dengan cepat. Itu artinya anda akan butuh waktu untuk mewarnai ulang, juga butuh uang kalau anda tidak mewarnai rambut anda sendiri.

Warna rambut anda akan lebih awet jika anda keramas 2 hari sekali atau lebih. Dan pastikan anda memakai shampoo yang memang diformulasikan aman bagi warna rambut anda.

Rambut anda akan lebih sehat

Jiah! Jarang keramas kog malah membuat rambut sehat? Itu mungkin penyangkalan anda. Tapi begini penjelasannya. Semakin sering anda keramas, semakin sering dan banyak juga anda menghilangkan minyak alami rambut. Ini beneran loh. Keramas terlalu sering bisa membuat rambut anda jadi kering, anda tahu kan kalau itu tidak bagus?

Anda akan menghemat waktu

Beberapa orang butuh waktu sangat lama untuk mandi, belum lagi kalau keramas. Sampai harus berpesan pada anggota keluarga yang lain bahwa dia akan keramas. Nah, kalau anda keramas lebih jarang, akan ada waktu lebih banyak untuk anda bersiap-siap, tidur, atau olah raga, kan?

Menghemat uang dan air

Jangan kira ini bukan penghematan besar. Tidak perlu anda menghitung berapa orang di rumah anda yang bisa menghemat air dan uang dari menjarangkan keramas ini. Cukup hitung penghematan yang bisa anda lakukan sendiri. Hmmm…. banyak kan? Uangnya jadi bisa untuk beli es krim. Haha…. Selain itu, kita juga jadi lebih ramah lingkungan to? Bukan cuman meminimalkan penggunaan air, tapi juga mengurangi sampah plastik dari botol atau sachet shampoo. Setuju? sumber dan credit foto: She Knows

2 komentar untuk "Jangan Cuci Rambut Anda Setiap Hari! Mengapa?"

Ferdi Lpu 20 Februari 2014 pukul 11.18 Hapus Komentar
kunjungan balik.... :)

wah berarti saya keramas tiap kali salah ya mbak..... pantesan rambut saya cepet kering
alasehat 25 Maret 2014 pukul 20.45 Hapus Komentar
Baru tau ternyata kurang bagus tiap hari keramas :)