Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Cara menghilangkan kerutan di wajah | Memang tidak semua orang mengalami kerutan di wajah ketika usia masih remaja atau dewasa muda, namun sebenarnya itu bisa saja terjadi. Terutama jika kulit kita cenderung kering. Selain karena faktor usia, kerutan di wajah bisa terjadi karena kondisi fisik kita yang tidak fit, kurang istirahat, asupan makanan yang kurang baik, sering begadang entah karena tuntutan pekerjaan, terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari, asap rokok, atau hal lain. Tetapi memang yang menjadi penyebab utama adalah karena pertambahan usia. Sesuatu yang tidak bisa ditolak, karena kita harus patuh dengan yang maha linier itu. Apakah ada yang bisa lakukan untuk menghilangkan kerutan di wajah? Atau setidaknya mengurangi dan memperlambat kemunculannya? Tampil cantik dan awet muda meskipun sudah (terlanjur) tua itu tetap wajar kan? Hehe….

Kerutan di wajah paling sering muncul di sekitar mata, ujung kiri-kanan bibir, dan dahi. Kerutan tersebut bisa halus saja sehingga relatif mudah disamarkan, atau bisa juga agak besar seperti yang biasa kita lihat di dahi ketika kita menampakkan wajah yang bertanya-tanya.kerutan di wajah

Yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan menggunakan krim anti kerut dan pelembab. Selain itu, usahakan tidak memaksa wajah berada dalam kondisi yang membuatnya kehilangan kelembapan dengan cepat, semisal terpapar sinar matahari langsung tanpa pelindung atau berada dalam ruangan ber-AC terlalu lama. AC itu memang nyaman dan adem, tapi juga mengeringkan kulit dengan cepat. Cobalah lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah yang secara alami bisa menjaga kesehatan kulit anda. Jangan biarkan diri merasa stress berkepanjangan. Kalaupun sedang berpikir keras, usahakan tidak mengernyitkan dahi sampai terlalu.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah kerutan halus:

  1. Menggunakan sunblok dan pelembab.
    Cara mencegah kerutan adalah dengan menggunakan sunblok dan pelembab di siang hari. Bahkan bila memungkinkan untuk menghindari matahari saat sedang terik. Sinar violet akan menyebabkan kulit menjadi kendur. Dan garis ekspresi berupa kerutan di sekitar mata akan terbentuk bila sering memicingkan mata. Sehingga, gunakanlah kacamata gelap agar sinar matahari tidak menyilaukan mata anda. Memicingkan mata secara konstan  akan menciptakan alur di sekitar mata.
  2. Menghindari asap rokok.
    Asap rokok dapat menghilangkan kelembaban alami. Akibatnya kulit menjadi kering dan mudah terjadi kerutan. Menurut sebuah hasil penelitian, bahwa terdapat hubungan erat antara kebiasaan merokok dengan kecenderungan memiliki kerutan lebih banyak. Di samping itu penelitian menyebutkan terjadi 40% kulit lebih tipis dibandingkan dengan non perokok.
  3. Melakukan pengelupasan secara rutin.
    Pengelupasan kulit mati akan memudahkan penyerapan pelembab. Kulit mati yang cenderung untuk berkumpul di daerah kerutan akan membuat penampilan kerutan semakin nyata.
    Eksfoliasi membantu untuk menyingkirkan sel-sel ini. Hal ini dapat mendorong kulit yang baru dan sehat sehingga wajah anda bersih dan cerah.
  4. Istirahat yang cukup.
    Dengan beristirahat dengan cukup, maka tubuh akan menghasilkan hormon pertumbuhan sel, sehingga membantu kulit tetap elastis dan tebal. Cara dan posisi tidur yag benar adalah dengan telentang untuk menghindari lipatan, dan mencegah kantung mata [sumber: menghilangkan kantung mata].
  5. Protein dan Omega-3.
    Salmon dan jenis-jenis ikan air dingin akan memberikan protein ekstra, omega-3 dan asam lemak. Asam lemak akan menyehatkan kulit dan membantu mencegah kerutan.
  6. Gunakan sabun yang lembut.
    Sabun yang terlalu banyak mengandung deterjen akan menggerus kelembaban alami. Sehingga, gunakanlah sabun khusus perawatan yang lembut agar kulit terhindar dari kerutan.

Cukup banyak ternyata yang bisa membuat kulit wajah jadi keriput atau berkerut. Lakukan dengan senang supaya anda tidak malah stress karena kerutan itu. Salah-salah malah kerutan anda bertambah, hehe…. Semoga kulit anda senantiasa muda sepanjang yang mungkin. Salam Cantik.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah"