Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Rambut Spike

Ini cara menata atau membuat rambut bergaya spike dengan mudah | Sebenarnya gaya rambut spike ini mulai muncul sejak lama. Kurang lebih tahun 2002-lah pertama kali menjadi ramai digunakan kaum pria sebagai tatanan rambut. Nah, akhir-akhir ini gaya rambut spike semakin menjadi trend saja. Selain karena semakin banyak selebriti yang menata rambutnya dengan gaya spike, juga karena semakin banyak juga orang biasa, yang bukan selebriti yang mencoba menggunakannya dan ternyata hasilnya bagus. Bagaimana dengan anda? Kepingin menata rambut anda dengan gaya spike juga? Berikut ini caranya.

Gaya rambut spike ini bisa membuat potongan rambut sederhana dan umum untuk para pria menjadi tampil lebih segar dan beda. Dengan cara yang tepat, anda bisa bergaya spike baik jika rambut anda pendek atau panjang. Itu bukan masalah, gaya rambut spike tetap bisa digunakan.

Cara menata gaya rambut spike untuk rambut pendek

  1. spike untuk rambut pendekCuci rambut anda seperti biasa sampai bersih. Pastikan kamu memakai shampoo yang sesuai dengan jenis rambut. Hindari menggunakan conditioner terlalu banyak, karena itu akan membuat rambut kamu lebih lembab. Jika itu yang terjadi, akan susah membuat gaya rambut spike-mu tegak, akan cenderung melengkung.
  2. Keringkan rambutmu atau bisa juga menata spike-nya ketika basah. Bedanya, rambut yang kering akan menghasilkan spike yang runcing dan tegak tetapi terlihat kering, sementara rambut yang basah akan menghasilkan spike yang terlihat basah dan mengkilat. Jadi tentukan mau kamu, yang kering atau yang basah. Jika mau, gunakan saja hair dryer.
  3. Buatlah spike-mu. Lakukan pada sebagian rambutmu dengan menggunakan gel rambut yang ekstra kuat. Gunakan satu tangan untuk membuat spike yang lebih kecil di bagian rambut yang lain, lalu gunakan tangan yang lain untuk mengoleskan gel dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Mulailah dengan menggenggam rambut mulai dari pangkalnya dan ratakan gel tadi ke ujung. Diamkan sebentar dengan tetap di pegang tangan sampai spike kamu jadi.
  4. Semakin sedikit rambut yang kamu genggam, semakin kecil juga nanti jadinya spike. Kreasikan sendiri maumu seperti apa, membuat sederet spike yang sama besar berjajar, atau spike yang tak beraturan besar kecilnya.
  5. Tarik bagian rambut yang kamu bikin spike ke arah yang kamu mau. Coba-coba saja sampai kamu mendapatkan arah spike yang kamu mau.
  6. Terus lakukan sampai semua rambut kamu menjadi bergaya spike.
  7. Setelah selesai membentuknya, segera semprotkan hairspray. Jika hairspray-mu cukup kuat, maka tatanan gaya spike ini bisa bertahan setidaknya seharian.
  8. Jika kamu khawatir spike di rambutmu rusak, bawa saja sebotol hairspray dan aplikasikan dengan sebelumnya membasahi bagian yang rusak dengan sedikit air dan semprot lagi dengan hairspray.

Cara membuat gaya rambut spike untuk rambut panjang

  1. spike untuk rambut panjangKeramaslah dengan bersih. Dengan rambut yang bersih maka gaya spike-mu bisa bertahan lebih lama. Upayakan tidak menambah kelembapan rambut dengan memakai terlalu banyak conditioner atau minyak rambut.
  2. Keringkan rambutmu. Beda dengan yang rambutnya pendek yang tetap bisa dispike dengan mudah meski agak basah.
  3. Karena rambutmu panjang maka si rambut perlu dilatih untuk bisa mengarah seperti yang kita mau. Caranya, ketika mengeringkan rambut dengan hairdryer:
    1. Dengan membungkuk, gunakan sisir untuk mengarahkan rambut ke bawah. Jadi nantinya rambut kamu bisa berdiri. Sekarang di arahnya diturunkan dulu (kamu membungkuk to?)
    2. Gunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut dari pangkalnya lebih dahulu  baru ke arah ujung. Arahkan ke arah mana nantinya kamu mau bikin spike. Semakin panan suhu hairdryer semakin menurut pula itu rambut di buat spike, dan semakin tersiksa juga, haha…. Lakukan sampai rambut kamu benar-benar kering.
  4. Bagi-bagi-lah rambut kamu menjadi beberapa bagian, gunakan sisir. Kamu bisa gunakan jepit atau tali rambut untuk membuatnya tetap terpisah-pisah. Setiap bagian ini nanti akan kita jadikan spike yang panjang. Soal besar kecilnya bagian atau letaknya terserah kamu, boleh berjajar, acak, atau urut dari yang yang besar ke kecil dan sebaliknya.
  5. Spike yang sedang akan lebih bagus dibanding yang terlalu kecil atau tebal. Coba-cobalah sampai menemukan setebal apa yang terbaik menjadi spike nantinya. Kalau terlalu kecil, rambut tidak akan kuat menahan bebannya ketika menjadi spike, demikian juga kalau terlalu tebal.
  6. Mulailah menata spike dengan menggunakan gel rambut paling kuat yang bisa kamu beli. Taruh gel di telapak tanganmu, lepaskan jepit atau tali rambut dan mulai aplikasikan gel mulai dari pangkal rambut ke ujungnya. Tahan agak lama, bisa sampai satu menit karena rambutnya panjang, lalu lanjutkan ke bagian rambut yang lain, ulangi lagi sampai semua bagian-bagian rambut yang tadi sudah kamu jepit selesai di spike.
  7. Tergantung dengan panjangnya rambutmu. Bisa jadi akan lebih mudah jika kamu tetap membungkuk. Jika kamu lelah atau pinggang kamu pegal karena terlalu lama, ya istirahat ambil nafas setiap satu buah spike selesai dibuat. Lanjutkan sampai semua menjadi spike.
  8. Semprotlah dengan hairdryer mulai dari pangkal ke ujung rambut.
Wajib baca: Pilihan Produk Gel Rambut Terbaik dan Aman Untuk Membuat Gaya Rambut Spike

Tips
  • Ketika membuat spike di bagian belakang kepala, gunakan dua buah cermin untuk memungkinkan kamu melihat sisi belakang kepalamu dengan baik.
  • Jangan menggunakan terlalu banyak gel. Jadi yang pas gitu. Kalau tidak nanti susah keringnya.
  • Jika kamu menggunakan gelatin atau lem, bisa juga sih, spike-nya akan semakin kaku dan bagus. Tapi itu juga akan sangat susah dibersihkan, juga tidak bagus untuk kesehatan rambut kamu. Jangan ya….
sumber: Wikihow. Kredit foto: Flixya dan Wikipedia