Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perawatan Wajah Agar Awet Muda Alami

Cara merawat wajah agar awet muda alami | Terlihat awet muda itu berarti meskipun sudah berumur diatas 30 tahun tetapi wajah masih nampak segar, tidak terganggu keriput yang terlalu nampak, rambut yang tetap hitam jauh dari uban, bersemangat, tidak bermasalah dengan berat badan berlebih, dan sebagainya. Banyak banget ya yang membuat anda tampak tua atau lebih tua dari aslinya. Ok-lah. Seperti judul posting ini, Perawatan Wajah Agar Awet Muda Alami, kita hanya akan fokus pada wajah dan perawatannya saja. Mengenai hal-hal lain, seperti kebugaran tubuh, berat badan, dan rambut, akan kita bicarakan di posting yang lain.

Kapan wanita akan merasa terlihat tua?

Pada umumnya, gejala ‘terlihat’ tua itu akan terlihat pada sekitar usia di atas 30 tahun. Kebanyakan perempuan masih merasa muda pada usia 20an. Di masa itulah kekhawatiran akan datangnya masa ‘tua’ sama sekali belum menjadi perhatian. Begitu memasuki usia 30, baik bagi yang sudah menikah maupun yang masih melajang, keinginan untuk menjaga dan mempertahankan penampilan wajah dan tubuh secara keseluruhan mulai muncul.

muda dan cantik

Apa saja yang harus dilakukan sebagai bagian dari perawatan wajah supaya lebih awet muda?

Mulai sedini mungkin

Anda tentu bisa mengerti, bahwa merawat wajah, atau merawat apapun sebenarnya, merupakan proses yang berkelanjutan. Bukan sesuatu yang terjadi dalam waktu singkat. Jadi, rawatlah wajah anda sedari masih muda. Sedari kita masih dalam masa segar-segar-nya. Ketika kulit remaja kita masih kencang dan memiliki elastisitas maksimal. Jika terlambat, maka hasilnya akan kurang maksimal, atau jadi perlu perlakuan khusus. Itu artinya mahal dan ‘kurang’ alami.

Bersihkan wajah  dengan maksimal

Ketika kulit wajah kita bersih, maka dia akan mampu menyerap nutrisi dan ‘bernafas’ dengan maksimal. Maka mencuci kulit wajah, atau membersihkannya harus benar. Cobalah membersihkan kulit wajah dengan air hangat, lalu gunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan kulit anda. Jangan ambil resiko menggunakan sembarang sabun kulit.

Kalau anda memakai make-up, bersihkanlah dengan sikat wajah. Bulu halusnya dapat membersihkan sisa-sisa make up dan kotoran dengan lebih baik, selain itu, pijatan halus dari bulu sikatnya juga membantu melancarkan peredaran darah pada wajah.

Bilas wajah dan keringkan dengan handuk bersih. Ganti handuk anda secara berkala karena handuk yang terlalu lama digunakan rentan meninggalkan jamur dan bakteri. Oleskan penyegar untuk memberi perawatan yang maksimal, lalu lanjutkan dengan perawatan harian seperti serum dan pelembap.

Masker Alami

Penggunaan bahan alami, memang merepotkan, karena tidak bisa dipakai secepat buatan pabrik. Tetapi keuntungannya jauh lebih banyak, selain harganya yang relatif lebih murah.

Nah, selain perawatan harian, anda juga bisa memanjakan wajah dengan masker buatan sendiri dari bahan yang alami dan anda pilih sendiri. Salah satunya anda bisa buat seperti ini:

  • Campur putih telur dengan air jeruk lemon
  • Aduk hingga berbuih
  • Oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan secara merata.
  • Gunakan masker ini seminggu sekali saja.

Apa manfaatnya? Putih telur berfungsi mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Kandungan proteinnya bisa melembabkan kulit serta mempercepat proses regenerasi mengganti kulit mati dengan jaringan yang lebih muda. Sementara lemon, berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan penuaan.

Berolah ragalah

Jangan kalah dengan alasan sibuk atau lelah setelah sekolah, kuliah, atau kerja seharian. Tidak usah berolah raga berat. Cukup sempatkan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 sampai 60 menit.

Ini akan membuat kualitas hidup anda bertahan atau bahkan meningkat. Selain baik bagi tubuh dan jantung, olahraga juga merangsang sistem hiposis hipotalamus di otak yang mengeluarkan hormon anti aging yang kuat. Tuh, kan….

Bila memang tidak sempat, cukuplah dengan gerakan-gerakan ringan. Awali dengan bangun dari tempat tidur dan berjalan mengelilingi rumah selama 15 menit. Gratis dan menyenangkan. Juga bisa sama saja jika anda bersih-bersih rumah. Itu efeknya bisa sama dengan bonus rumah yang bersih.

Setelah mulai terbiasa, anda akan mudah melakukan jogging ringan, atau tambahkan senam lantai yang ringan dan ringkas. Lama-kelamaan tubuh akan menagih aktivitas dan tubuh akan terasa berat jika tidak berolah raga.

Mengkonsumsi makanan yang baik

Ok, kesehatan kulit, terutama pada wajah, juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Hindari atau kurangi makanan berlemak yang memang biasanya berasa enak itu. Perbanyak sayur dan buah. Jika bosan anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Serat dan vitamin di dalamnya akan membantu kulit anda tetap segar.

Dibandingkan dengan makanan olahan yang serba berbumbu lekat dan sudah diawetkan itu, bahan makanan segar akan jauh memberi manfaat lebih bagi tubuh dan kulit. Saat ini mulai nge-trend metode diet dengan hanya memakan makanan tanpa melalui proses pengolahan berlebih. Dan banyak orang sudah mengakui efektifitasnya. Terutama mereka yang berada di masa paruh baya dan manula.

Istirahat Yang Berkualitas

Ok, perawatan wajah sudah, makanan sudah, olah raga juga sudah. Sekarang gilirannya istirahat.

Ketika anda masih muda, katakanlah remaja, kebanyakan tidur itu artinya membuang waktu. Tapi ketika kita sudah mulai beranjak dewasa (tua), kita akan lebih banyak dipaksa untuk tidur kurang.

Padahal, normalnya, tidur malam itu memerlukan waktu 7 sampai 8 jam setiap hari. Kog lama banget ya? Waktu selama itu digunakan tubuh untuk memperbaiki sel dan beristirahat setelah seharian beraktivitas. Pada umumnya sekarang, rata-rata hanya 5 jam atau kurang.

Jaga kualitas tidur anda. Jangan biarkan otak terlelap dalam keadaan stres. Upayakan untuk setidaknya melepaskan benda yang paling menghambat anda tidur: ponsel, selama 30 menit sebelum berangkat tidur. Hmmmm, sepertinya mustahil ya… haha….

Ok, begitulah…

Anda punya tips perawatan wajah agar awet muda alami yang lain? Jangan ragu untuk berkomentar dan sharingkan pendapat anda di bawah sini….

Posting Komentar untuk "Perawatan Wajah Agar Awet Muda Alami"