Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Mengatasi Sakit Hati

Bagaimana cara mengatasi atau setidaknya mengurangi rasa sakit hati? Soal penyebabnya bisa macam-macam. Karena kita punya perasaan maka sakit hati bisa terjadi. Biasanya, yang kita tuduh menjadi penyebabnya adalah orang lain. Entah karena perkataan atau perbuatan. Yang paling umum sih karena kita merasa sudah berbuat lebih tapi tidak diakui atau dianggap tidak benar. Dan orang lain itu adalah semua orang yang berkomunikasi dengan kita. Maka, kesimpulan gampang namun keliru adalah batasi atau kurangi komunikasi dan kita tidak akan sakit hati. Haha… Kacau banget itu. Tak heran, orang kemudian mengambil keputusan untuk berhenti berkomunikasi dengan orang tertentu yang dianggap membuatnya sakit hati.

Ok, penyebab sakit hati anda, itu tidak akan kita bahas. Bukan wilayah orang lain untuk mengetahuinya. Biar anda sendiri yang menyimpannya. Sekarang kita lihat, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa sakit hati itu.

emergency sadness kit

8 tips mengatasi sakit hati

1. Bernafaslah
Tentu saja anda bernafas. Yang dimaksud di sini adalah sadarilah kalau anda bernafas. Aturlah seberapa cepat anda bernafas. Bisa dengan mengambil nafas lebih cepat sebanyak mungkin kemudian menurunkannya sampai ke kecepatan normal.

Pada waktu kita sedang sakit hati, biasanya jantung kita berdetak lebih cepat, dan salah satu cara menurunkan detak jantung adalah dengan mengatur pernafasan.

Dengan memfokuskan diri pada pernafasan, anda memberi waktu otak dan hati anda untuk melakukan sinkronisasi. Dengan demikian emosi akan lebih mudah dikontrol. Ini bahkan bisa anda lakukan juga untuk mengatasi rasa sakit yang bersifat fisik sebesar 40% dan 57% untuk rasa tidak enak.

2. Membayangkan makanan enak 
Ini juga berpengaruh besar. Meskipun sebenarnya hanya sebagai pengalihan saja. Membayangkan tidak sama dengan mengingat-ingat. Fokuslah pada makanan yang anda sukai, bukan pada peristiwa ketika anda pernah memakannya bersama orang tertentu. Tidak perlu beneran memakan makanan favorit anda, cukup dengan membayangkannya maka rasa sakit hati anda bisa dikurangi.

3. Meditasi
Jangan langsung antipati dulu. Sejak lama, meditasi sudah diakui menjadi salah satu metode latihan pengedalian diri. Meditasi sendiri selalu berkaitan dengan pernafasan dan pengelolaan pikiran. Jika anda lakukan dengan sadar dan teratur, maka tidak lama anda akan punya kekuatan untuk mengatur emosi anda dengan lebih baik.

4. Mengulang kata-kata tertentu 
Kata-kata yang digunakan bisa berupa frase atau kalimat pendek yang positif. Bisa berupa ucapan tertentu dari doa atau kutipan apapun yang positif. Dalam waktu sekitar 30 detik, anda akan jauh lebih tenang.

5. Pijat atau tekanan pada titik tertentu
Ini juga hanya berupa pengalihan saja. Terkadang kita perlu melakukan sesuatu yang bersifat fisik untuk mengurangi rasa sakit hati. Jika anda mencubit rekan anda ketika merasa gemas dengan tingkah laku seseorang, maka rekan anda itu menjadi korban. Lebih baik kalau anda melakukannya pada bagian tubuh anda sendiri. Tidak selalu harus mencubit, bisa dengan sadar menekan bagian tubuh tertentu. Yang paling mungkin adalah telapak tangan. Pernah dengar saran untuk memegang bola kecil untuk mengurangi rasa sakit ketika menstruasi? Kira-kira seperti itulah cara kerjanya.

6. Mendengarkan musik 
Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit hati adalah dengan mendengarkan musik kesukaan anda. Kalau bisa pilih lagu yang tidak galau. Bisa musik yang beat-nya lumayan cepat, supaya mood anda cepat terbangun. Dengarkan musik sembari melakukan aktivitas harian anda, jangan sambil melamun, supaya pikiran positif bisa terbentuk lebih cepat.

7. Menulislah
Hehe, masih ada yang punya kebiasaan menulis di buku diary? Lakukanlah itu dengan teratur. Rekomendasinya sih setidaknya anda sisihkan waktu 15 menit sebelum tidur. Menulis, meski sedikit akan membentuk anda menjadi pribadi yang lebih teratur. Keuntungannya banyak loh.

8. Tertawa lepas 
Ini serius, tertawalah dengan lepas. Tertawa itu obat yang sangat ampuh, bahkan untuk orang yang sakit gigi. Kalau sedang sakit hati, buatlah dengan segera kesempatan supaya bisa tertawa lepas bersama keluarga anda. Anda juga bisa menonton film lucu, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman yang memang lucu.

Semoga, rasa sakit anda cepat sembuh.

Posting Komentar untuk "8 Tips Mengatasi Sakit Hati"