Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan

Kulit wajah relatif lebih mudah terpengaruh dengan perubahan suhu, cuaca, dan musim. Nah, ketika tiba musim hujan, perawatan kulit wajah juga membutuhkan perubahan dibanding dengan musim kemarau.

Musim penghujan di Indonesia membawa perubahan pada karakter udara di sekitar kita. Udara yang lebih lembab, dingin, di saat tertentu cenderung kering kemudian berubah cepat menjadi basah. Terutama ketika sedang masa pancaroba, alias pergantian musim. Selain berpengaruh langsung pada kondisi kesehatan tubuh, hal ini juga berpengaruh pada kulit wajah kita.

Beberapa orang merasa kulit wajahnya lebih cepat kering dan berasa gatal. Beberapa yang lain merasa kulit wajahnya jadi lebih berminyak dan berjerawat. Air hujan, meskipun hanya tempiasnya, bisa saja membawa kotoran dan bahan yang kurang baik bagi kulit, macam alkali dan zat asam. Dan ada banyak orang yang alergi dengan bahan-bahan tersebut.

Pada saat penyesuaian inilah, kulit bisa bereaksi agak berlebihan. Nah, untuk mencegah kulit jadi lebih bermasalah, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

Ganti Pembersih Wajah

Bagi yang memiliki kulit berminyak, biasanya saat musim hujan atau dingin, kulit mengering, hampir sama dengan ketika anda bekerja di ruangan ber AC sepanjang hari. Maka, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan sabun dan minyak pembersih wajah, yang sebelumnya untuk kulit berminyak, ganti dengan yang khusus kulit kering.

Lebih banyak minum air putih

Musim hujan menyebabkan udara jadi lebih dingin dan berangin, pastikan kulit Anda tetap terhidrasi, dengan cara mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari. Hal ini berlaku untuk semua jenis kulit. Asal tahu saja, kondisi berangin lebih cepat mengeringkan kelembaban kulit dibanding dengan panas.

Kurangi perawatan eksfoliasi

Perawatan eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, jika terlalu sering dilakukan saat musim hujan,  dapat merusak kulit anda dan menjadikannya kasar. Namun meskipun begitu, jangan berhenti total, melainkan lakukanlah satu kali setiap minggu. Karena eksfoliasi mujarab dalam menjaga kulit tetap lembab.

Tidak perlu mandi dengan air panas

Salah satu cara terbaik untuk mencegah kulit anda tidak rusak di musim hujan adalah mengurangi mandi dengan air panas. Mandi menggunakan air hangat setiap hari, hanya akan membuat kulit menjadi kering dan kusam, jadi sebaiknya jangan terlalu sering, batasi maksimal dua kali seminggu.

Bagaimana? Mudah saja to? Semoga kulit anda tetap sehat, segar, dan sehat.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan"