Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diet Sehat Untuk Remaja

Diet Sehat Untuk Remaja | Menjadi remaja itu tidak mudah. Apalagi jika ini urusan berat badan. Sebenarnya, diet untuk remaja itu tidak disarankan. Karena pada usia remaja, tubuh sedang membutuhkan banyak asupan energi dari makanan untuk tumbuh kembang normal. Masalahnya, sekarang ini semakin banyak saja remaja yang terkena obesitas alias kelebihan berat badan.

Penyebabnya bisa macam-macam. Tapi bisa diringkas menjadi dua saja, yaitu gaya hidup yang sangat kurang aktivitas fisik dan konsumsi makanan cepat saji yang masif. Meski juga ada faktor keturunan, tetapi perannya sebenarnya tidak terlalu besar untuk remaja. Maka tetap gaya hidup dan makanan menjadi pemicu utama mengapa anak remaja gampang sekali menjadi gemuk.

Kegemukan pada remaja ini banyak dimanfaatkan oleh produsen produk-produk pelangsingan tubuh yang meskipun harganya mahal dan perlu waktu lama tetap saja laris manis di pasaran karena mereka memang menemukan pasar yang begitu antusias dengan segala yang bisa membuat badan kembali langsing dan bugar tanpa perlu susah-susah berkeringat dan menahan diri. Padahal aslinya tetap harus begitu sih.

diet sehat untuk remaja

Lalu apa yang kita bisa lakukan?

Sebenarnya ada banyak hal yang remaja bisa lakukan untuk menjaga berat badan tetap seimbang tanpa mengorbankan kesehatan dan masa tumbuh kembang fisik. Berikut ini beberapa diantarnya:

1. Sarapan pagi

Sempatkan diri kamu untuk sarapan pagi. Hal ini sangatlah penting untuk mengurangi rasa lapar kamu dalam melakukan program diet. Jika kamu tidak punya waktu untuk sarapan pagi, usahakanlah membawa makanan yang bisa dimakan sambil jalan menuju sekolah atau tempat aktifitas kamu seperti pisang atau apel.

Jika kamu tidak sarapan maka rasa lapar yang kamu rasakan ketika jam istirahat di sekolah akan membuat kamu mengambil apapun yang ada di kantin tanpa peduli makanan itu sehat atau tidak, tanpa mau tahu berapa banyak lemak yang masuk dibanding substansi lain. Demikian pula ketika kamu pulang sekolah. Dengan sarapan yang baik sebenarnya badan kamu cukup kuat untuk bertahan sampai jam makan siang.

2. Bawalah bekal makanan.

Tidak ada yang menjamin semua makanan yang ada di kantin sekolah atau diluar sana itu sehat, apalagi kamu sedang menjalani program diet. Dengan membawa bekal makan sendiri kamu bisa mengontrol makanan yang kamu makan dan tentunya sehat. Masa sih orang tua memberi makanan yang tidak sehat? Selain itu, kamu juga bisa lebih hemat.

3. Hindari minuman bersoda.

Ternyata minuman bersoda dapat mengakibatkan obesitas. Tidak hanya itu, soda juga mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk tubuh. Sudah tau kan? Hindari minuman bersoda saat kamu menjalani diet.

4. Lebih banyaklah bergerak

Bergeraklah! Gunakan kesempatan untuk bergerak sebanyak mungkin, misalnya pada jam olah raga di sekolah. Bepergianlah dengan jalan kaki jika mungkin. Tidak perlu sepeda motor jika tempat yang kamu tuju kurang dari 300 meter.

5. Pilih tempat makan.

Salah satu aktifitas remaja adalah nonkrong di restaurant atau kafe. Hindari untuk memesan makanan yang digoreng. Sebaiknya memesan salad, buah segar, atau hidangan yang rendah kalori.

6. Belanja sendiri, Masak sendiri.

Orang tua kamu mungkin terlalu sibuk untuk memasak makanan super sehat. Untuk itu, cobalah ikut belanja dan memasak dengan orang tuamu, selain itu kamu juga bisa mengontrol makanan yang akan kamu makan tentunya.

Sebenarnya kamu tidak perlu sampai mengkonsumsi makanan khusus diet jika sedari awal sudah terbiasa hidup sehat kan? Jika badan kamu bugar maka yang paling banyak memetik keuntungan adalah diri kamu sendiri. Bisa tampil lebih percaya diri, tidak perlu bingung memilih baju di toko, tidak mudah lelah, dan tentu lebih sehat.

Posting Komentar untuk "Diet Sehat Untuk Remaja"