Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

Cara mengatasi rambut rontok | Terlepas anda masih muda remaja atau sudah berumur, rambut rontok bisa menjadi masalah. Ada orang yang memang terlahir dengan bawaan rambut yang tipis, lembut, dan tidak lebat seperti rambut model iklan shampoo di majalah dan TV. Ada juga yang memang sudah dianugerahi rambut yang bagus dan sehat. Untuk rambut yang rontok karena usia dan keturunan, bisa saja dikurangi agar tidak semakin parah sehingga menimbulkan kebotakan. Tapi jika penyebab ranmbut rontok itu adalah karena salah perawatan seperti terlalu sering keramas, menggunakan shampoo yang tidak sesuai, stress, masalah hormon, atau memang menjalani perawatan medis tertentu semisal kemoterapi, maka sebenarnya kita bisa mengatasinya.

Nah, sebelum kita lanjutkan, coba kenali terlebih dahulu mengapa rambut anda rontok. Apakah karena keturunan? Semisal orang tua anda cenderung botak? Hmmmmm… Akan agak rumit nantinya. Atau karena anda keliru memilih shampoo? Atau sekarang anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu?

Jika mungkin, konsultasikan dengan dokter. Bagaimanapun, kita tidak bisa sembarangan mendiagnosa sendiri penyebab rambut rontok yang kita alami.

Mengatasi rambut rontok dengan minyak kemiri

Penggunaan penyubur rambut yang berbahan kimia itu terkadang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Tergantung dengan kulit kepala kita. Jika cocok maka hasilnya bisa lumayan, jika tidak, waduh, sudah harganya mahal, malah bisa membuat kita lumayan jengkel. Mengapa tidak mencoba penyubur rambut alami?

Memang agak ribet membuatnya. Tapi percayalah, hasilnya bisa sangat bagus. Mau coba? Begini, sederhana kog. Bakar kemiri, kemudian oleskan minyak yang keluar ke kulit kepala, bukan rambut loh ya…

Rutin keramas dengan shampoo yang sesuai

Berapa hari sekali anda mencuci rambut? Sehari sekali? Sebaiknya jangan. Baca ini: Jangan Cuci Rambut Anda Setiap Hari! Mengapa? Sebaiknya dua hari sekali saja.

Hindari juga sering gonta-ganti shampoo. Ini akan membuat rambut dan kulit kepala anda menyesuaikan diri berulang-ulang. Jika sudah cocok, jangan mudah tergiur dengan iklan.

Lakukan terapi kulit kepala dengan bahan alami

Anda tentu sudah pernah mendengar betapa bagusnya tumbuhan lidah buaya untuk kesehatan rambut. Demikian pula dengan madu. Segera cari tahu saja bagaimana menggunakan bahan-bahan alami untuk menyehatkan rambut anda. Jangan terlalu menggantungkan diri pada produk berbahan kimia.

Hindari minyak rambut

Hindari pemakaian minyak rambut secara berlebihan. Menggunakan minyak rambut akan membuat rambut selalu dalam keadaan lembab sehingga mudah kotor dan kuman betah menempel di kulit kepala. Bila memang memerlukan minyak rambut gunakan minyak orang-aring dari bahan yang lebih alami.

Perbaiki makanan anda

Ini juga penting banget. Akan percuma saja kita merawat rambut dari sisi luarnya tapi tidak memperhatikan kebutuhan gizi dan vitamin yang diperlukan rambut untuk bisa tumbuh dengan sehat. Sebisa mungkin perbanyak makanan yang mengandung vitamin E seperti kedelai, kacang, kecambah, dan padi-padian.

Cara mengatasi rambut di atas sebenarnya sederhana saja kan? Alasan kita tidak bisa melakukannya lebih banyak karena kita tidak punya cukup waktu. Jadi, kembali lagi, seberapa besar niat kita untuk mengatasi rambut rontok dan mendapatkan kembali rambut yang sehat, lebat, kuat, dan indah bercahaya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah"