Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengukur Body Mass Index Yang Benar

Ingin tahu cara mengukur BMI dengan benar? Memiliki berat badan seimbang sehingga proporsional dengan tinggi badan itu memang penting. Namun bagi sebagian orang ini relatif sulit dilakukan. Bisa karena tubuh yang kurang gerak atau olah raga, gaya hidup yang kurang sehat, atau memang anda punya bakat gemuk.

Apa itu BMI? BMI adalah singkatan dari Body Mass Index. Secara singkat bisa kita sebut sebagai indeks dari massa tubuh kita. Dari indeks yang didapatkan dari rumus penghitungan BMI tadi, kita bisa mengambil kesimpulan apakah kita ini terlalu kurus, normal, ataukah kegemukan. Dari hasil tersebut, kita kemudian bisa mengambil langkah harus bagaimana untuk mengatasi kekurusan, kegemukan, atau cara mempertahankan BMI normal kita.

Ok, kita langsung saja.

Cara Mengukur Body Mass Index


BMI didapat dengan membagi berat badan seseorang (dalam kg) dengan tinggi badannya (dalam hitungan meter) yang sudah di pangkat dua-kan.

Jadi rumusnya seperti ini:
BMI= ______Berat Badan______
         Tinggi badan x Tinggi badan
Contohnya begini, misalnya seseorang memiliki berat badan 45 kg, sementara tingginya adalah 165 cm, maka cara menghitungnya adalah:
BMI=___45___ = 16.5
        165 x 165
Hasilnya, orang tersebut memiliki BMI 16.5

Apakah nilai BMI 16.5 itu termasuk kurus, normal, ataukah kegemukan? Patokan mudahnya begini:
Jika:
  • BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)
  • BMI 18.5 - 24 = normal
  • BMI 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)
  • BMI >30 = obesitas
Untuk lebih jelasnya, silahkan amati tabel Body Mass Index berikut ini…
tabel BMI
Bagaimana hasil penghitungan BMI anda? Kalau saya ternyata masih normal, padahal sudah khawatir kegemukan, hehe…. Semakin bertambah usia, semakin khawatir gemuk kayaknya. Anda juga-kah? sumber: http://www.freebmicalculator.net