Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Scrub Pada Kulit Wajah

Cara paling umum untuk mengatasi kulit wajah yang kusam dan kasar adalah dengan eksfoliasi. Tidak cukup hanya dengan cuci muka dengan sabun khusus wajah ataupun penggunaan masker. Eksfoliasi itu apa?

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan permukaan kulit yang bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, merontokkan lemak berlebih dan jerawat. Istilah lainnya adalah scrub.

Fungsi lain dari eksfoliasi atau scrubing adalah untuk melancarkan aliran darah ke wajah, sehingga wajah terlihat lebih segar dan berseri-seri.

Namanya juga pengelupasan, sehingga resiko kulit justru meradang karena proses scrubing yang keliru bisa saja terjadi. Nah, supaya kulit anda aman, setidaknya, ikutilah tips cara aman scrub pada kulit wajah di bawah ini:

Ketahui jenis kulit Anda. Sebelum membeli produk scrub untuk wajah, amati jenis kulit Anda. Ole Henriksen, pendiri brand skincare Eponymous, menyarankan Anda untuk berdiri di bawah cahaya matahari dalam kondisi kulit yang sudah dibersihkan, lalu berkaca. Apakah kulit Anda tergolong kering?  Jika ya, pilih produk yang bahannya lembut. Jika kulit Anda berminyak, pastikan Anda tidak menghilangkan terlalu banyak minyak dan malah memperburuk kondisi kulit Anda. Kalau kulit Anda cenderung berjerawat, konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum melakukan pengelupasan. Hal terpenting saat mengeksfoliasi adalah mengetahui apa yang Anda lakukan.

Lakukan pengelupasan pada pagi hari. Kulit akan melakukan regenerasi pada malam hari, sehingga pagi hari merupakan waktu yang pas untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun, jangan menggosok kulit terlalu kencang dan terlalu sering. Sekali atau dua kali seminggu sudah cukup, meskipun kulit Anda tergolong berminyak (untuk kulit yang sensitif, cukup sekali seminggu). Melakukan pengelupasan secara berlebihan tidak baik untuk kulit Anda yang lembut. Sehabis melakukan pengelupasan atau scrubbing, aplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit dan mengatur produksi minyak.

Kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat men-scrub wajah adalah menggosoknya terlalu keras.

Gosok dengan lembut. Basuh muka dengan air hangat, lalu mulailah menggosok wajah dengan gerakan memutar ke arah atas. Namun, menurut Henriksen, kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat men-scrub wajah adalah menggosoknya terlalu keras. "Gosok perlahan saja, biarkan partikel eksfoliasi yang bekerja. Anda hanya membantu agar partikel tersebut meluncur di sekujur wajah; dengan cara itu kulit akan terasa nyaman dan Anda sendiri tidak berlebihan memperlakukannya," katanya.

Pilih produk scrub yang tepat. Butiran scrub yang kasar kadang-kadang bisa membuat wajah memerah. Sebaiknya Anda menggunakan scrub yang juga disebut mikrodermabrasi. Artinya, butiran scrub yang digunakan lebih kecil, sehingga tidak akan merusak kulit. Scrub mikrodermabrasi biasanya menggunakan gula, biji jojoba, dan tepung almond. Bahan-bahan ini efektif menyingkirkan sel-sel kulit mati namun tidak terlalu kasar untuk kulit.

Posting Komentar untuk "Cara Aman Scrub Pada Kulit Wajah"