Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Alami Mengobati Luka Bakar Pada Kulit

Obat luka bakar alami | Kulit terbakar, seberapa pun itu kecilnya, rasa sakitnya luar biasa. Pernah kena knalpot atau terpercik minyak goreng panas kan? Nah, ya seperti itulah kira-kira sakitnya. Tinggal kalikan saja dengan luas kulit yang terbakar.

Jikapun rasa sakit itu sudah hilang, kemungkinan kulit yang terbakar tadi jadi meradang atau infeksi tetap ada. Jikapun tidak terjadi infeksi, bekas-nya ituloh, sulit sekali hilang, atau bahkan tidak akan hilang sepanjang masa sampai orang-orang di sekitar anda akan merasa aneh ketika melihat anda tanpa bekas luka terbakar yang sudah terlanjur menjadi trade mark penampilan. Haha…, alay banget ya?

Jadi yang paling penting dari obat luka bakar itu adalah:

  • harus bisa cepat meredakan rasa sakit, kalau tidak kan percuma
  • harus aman dari kemungkinan malah membuat infeksi
  • kalau bisa, mengurangi atau meniadakan kemungkinan bekas pada kulit akibat pernah terbakar atau terkena benda panas.

Nah, kalau anda ke apotik dan bertanya ke mbak penjaganya obat untuk luka bakar, jawabannya pasti akan sekitar Bi*Pl*c*nt*n, atau obat lain yang ber-placenta-placenta begitu namanya. Bagaimana kalau kebetulan kita sedang jauh dari apotik, atau sedang tidak punya uang, atau sangat darurat sebelum kita bisa membeli obat-obatan tadi? Ya, kita musti pakai yang sekiranya ada di sekitar kita. Alias obat luka bakar alami. Apa saja?

Obat Luka Bakar Alami

Ternyata ada banyak loh, bahan-bahan alami di sekitar kita, yang biasanya di rumah juga ada. Selain murah, efektif, dan aman. Untuk soal menghilangkan bekasnya, emmmm, rasanya tidak. Untuk menghindari radang atau infeksi, pastikan bahan-bahan berikut ini bersih ya. Setidaknya cuci dulu dengan air bersih, atau gunakan pisau yang juga bersih ketika memotongnya.

Mentimun dan Kentang
Ambil mentimun dan kentang, potong keduanya sama besar. Kupas, cuci bersih. Haluskan dengan blender. Oleskan pada kuit yang luka bakar. Campuran mentimun dan kentang menyerap panas dalam kulit dengan baik. Kentang mengandung anti peradangan. Kadar air yang terkandung dalam mentimun akan membuat kulit anda dingin dan luka bakar membaik. Biarkan pada kulit yang terbakar sampai mengering, bilas dengan air dingin. (Catatan: anda bisa pakai salah satunya saja jika tidak ada dua-duanya)

Lidah buaya
Ambil sebatang daun Lidah Buaya, ambil bagian dagingnya. Lidah buaya ini  dapat digunakan secara aman pada kulit yang terkena luka bakar. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Lidah Buaya mampu meredam panas dan sakit luka bakar, sehingga luka bakar cepat pulih dan membaik. Bisa juga anda haluskan dengan blender, lalu oleskan kulit yang terluka bakar.

Tomat dan stroberi
Ambil tomat dan stroberi dengan perbandingan yang sama. Cuci bersih dan blender. Oleskan krim alami ini pada kulit luka bakar. Sangat cocok untuk meredam kulit kemerahan karena terpapar sengatan matahari. Kandungan air dan vitamin C alami campuran tomat stroberi mampu meredam luka bakar sengatan matahari, mencegah kulit meradang dan menutrisi dari luar. (Bisa dipakai salah satunya : tomat / stroberi saja)

Susu atau Yoghurt 
Gunakan susu cair murni atau yoghurt plain untuk mengompres kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Susu atau yoghurt ini juga bersifat mengembalikan kulit cerah yang hitam karena terbakar sinar matahari.

Lemon
Peras lemon untuk mendapatkan sari-nya, campur dengan sedikit air. Oleskan pada kulit yang terbakar (sinar matahari). Ekstrak lemon bermanfaat sebagai vitamin C alami yang sangat cepat menyembuhkan kulit terbakar.

Oatmeal (Havermut)
Selain baik untuk sarapan, oatmeal juga dapat menjadi obat yang berguna untuk luka bakar karena sinar Matahari. Campur oatmeal dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta oatmeal pada luka bakar Matahari, ini akan berefek mendinginkan kulit. Tunggu hingga mongering, bilas dengan air dingin.

Baking Soda
Cukup campur 3-4 sdm baking soda dengan air. Rendam kapas dalam larutan baking soda. Kompres luka bakar anda dengan larutan baking soda. Diamkan 5-10 menit. Bilas dengan air dingin.

Teh Celup
Perawatan ini dapat sangat membantu untuk luka bakar matahari di area mata. Saat anda berlibur dipantai, lupa memakai kacamata hitam pasti akan rentan terkena luka bakar di area mata. Rendam kantong teh celup dalam air dingin selama beberapa menit, dan kemudian kompreskan kantong the celup untuk luka bakar di area mata. Asam tannic dalam teh dapat membantu meringankan rasa sakit terbakar sinar matahari.
Bahan-bahan alami tersebut sebaiknya anda gunakan pada luka bakar ringan, dengan catatan tidak ada luka yang terbuka. Jika kulit terbakar anda mulai mengering/mengelupas, jangan Anda kelupas dengan sengaja. Karena akan beresiko menjadi luka bakar terbuka. Sebaiknya bilas kulit yang terkena luka bakar dengan air dingin.

Hmmm, bagaimana? Lumayan mudah bukan? Semoga luka bakar kulit anda cepat sembuh dengan beberapa obat alami luka bakar di atas. Salam.

Posting Komentar untuk "Cara Alami Mengobati Luka Bakar Pada Kulit"