Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Rambut Lama Banget Panjangnya?

Banyak orang mencari cara memanjangkan rambut dengan cepat. Ada banyak cara, mulai dari yang memakai bahan alami, memakai shampoo khusus, sampai yang paling praktis dan cepat, dengan hair extension yang biayanya lumayan mahal itu. Tapi tahukah anda, mengapa rambut anda lama banget panjangnya?

Saking lamanya rambut tumbuh, kebanyakan perempuan kemudian tidak telaten dan bosan menunggu, ujung-ujungnya, begitu rambut sampai di bahu, potong rambut lagi. Dan, begitulah, impian memiliki rambut panjang yang sehat itu semakin jauh dari terwujud. Hmmmm….

Faktor penyebab rambut lambat sekali tumbuhnya

NaturallyCurly.com merangkum beberapa penyebab mengapa pertumbuhan rambut terlalu lambat untuk ditunggu. Seperti ini:

Kasar menyisir rambut dalam keadaan basah
Mungkin anda sudah tahu, bahwa rambut yang masih dalam keadaan basah cenderung lebih rapuh. Maka, hindarilah menyisir rambut basah dengan gerakan terburu-buru dan kasar. Sebab, cara yang demikian menyebabkan akar rambut jadi rusak dan patah. Selain itu, bukan tidak mungkin, rambut jadi mudah rontok.

Cara paling tepat untuk merapikan rambut dalam keadaan basah sebaiknya dilakukan dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan dengan handuk, atau sisir perlahan menggunakan sisir bergigi jarang.

Malas mengaplikasikan kondisioner rambut
Rambut yang lembab tidak mudah kering dan rapuh. Maka dari itu, aplikasikan kondisioner pada ujung rambut seusai keramas secara rutin. Disarankan untuk menggunakan kondisioner dengan kandungan air yang tinggi. Aplikasikan kondisioner mulai dari tengah hingga ujung rambut. Lalu, diamkan beberapa menit untuk memberi waktu pada kutikula rambut menyerap seluruh nutrisi yang terkandung dalam kondisioner.

Malas merawat ujung rambut
Selain rutin mengaplikasikan kondisioner, cara lain dalam menjaga dan merawat ujung rambut agar tidak kering dan pecah-pecah bisa dilakukan dengan cara pemakaian minyak, misalnya minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak biji anggur. Pilihlah jenis minyak yang sesuai dengan tekstur dan kondisi rambut anda.

Sirkulasi udara di rambut tidak maksimal
Rambut yang sehat adalah rambut yang bebas “bernapas”. Artinya, tidak ada tekanan, ikatan, dan beban di sekitar kepala. Rambut yang tertutup rapat sepanjang hari bisa mengurangi kadar kelembabannya, rambut mudah patah, dan aroma pun jadi kurang sedap.

Apabila anda mengenakan hijab, sebaiknya sebelum menutup kepala, pastikan rambut sudah dalam kondisi kering. Selain itu, seusai shalat, berikanlah waktu untuk rambut terkena angin dan udara selama beberapa menit.

Rambut sering terpapar bahan kimia dan peranti elektronik
Suhu hair dryer dan pelurus rambut yang terlalu panas menyebabkan akar rambut rapuh sehingga membuatnya rapuh dan mudah patah. Tanpa Anda sadari, rambut pun mulai menipis dan cenderung botak di beberapa bagian tersembunyi.

Apabila rambut anda termasuk yang susah mengering secara alami sehingga mau tidak mau selalu membutuhkan hair dryer, sebaiknya jaga jarak penggunaan sekitar 10 hingga 15 sentimeter. Tujuannya supaya suhu panas pengering rambut tidak langsung terpapar pada setiap helai rambut Anda.

Bagaimana? Apakah anda melakukan satu atau semua yang disebutkan diatas? Jika ya, sekarang sudah tahu harus bagaimana supaya rambut anda lebih cepat panjang to?

Posting Komentar untuk "Mengapa Rambut Lama Banget Panjangnya?"