Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Berminyak

Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Berminyak | Memiliki kulit yang cenderung berminyak memang lumayan rumit. Anda harus lebih telate, sabar, dan jeli memerhatikan kulit anda. Tidak seperti kulit yang cenderung kering, kulit berminyak bisa dikatakan rewel soal perawatan. Salah atau terlambat sedikit maka resiko jerawat dan penampilan yang jadi kumus-kumus mudah sekali terlihat. Terlebih jika kebetulan anda bekerja di tempat yang tidak ideal, harus berpanas-panas dan berdebu-debu, hmmm… bisa jadi malapetaka hebat untuk kulit anda. Itu sebabnya kulit berminyak memerlukan perawatan khusus.

Apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat kulit berminyak?

Pembersihan

Pembersihan adalah bagian yang paling penting. Kulit yang berminyak akan sangat mudah mengundang debu dan kotoran. Sehingga anda harus memilih pembersih khusus bagi kulit anda. Bila kulit anda sangat mudah berjerawat dan berkomedo, menggunakan susu pembersih justru hanya mengundangnya lebih banyak lagi. Sehingga disarankan menggunakan peeling scrub yang akan menyerap minyak berlebih.

Peeling scrub adalah komponen penting untuk kulit yang sangat berminyak. Walau anda berjerawat, namun menggunakan peeling scrub akan tetap terasa nyaman. Memang berbeda dengan produk scrub pasaran, yang biasanya bertekstur kasar, pilihlah produk peeling scrub yang lembut sehingga tidak mengakibatkan peradangan.

Demikian juga dengan menentukan dan memilih sabun yang digunakan. Anda harus mencuci wajah anda setidaknya dua kali sehari, di pagi hari dan di malam hari. Mencuci muka setelah bepergian juga penting untuk menyingkirkan debu yang berkumpul di wajah.

Jika anda mau yang alami, silahkan coba jus lemon sebagai pembersih. Anda dapat memakai jus lemon di wajah dan mencucinya setelah beberapa menit untuk memiliki kulit yang bersih. Atau anda juga dapat mencampur jus lemon dengan gandum atau susu bubuk skim, atau yogurt untuk memiliki pembersih yang sempurna. Ingat bahwa mencuci muka terlalu sering akan dapat menyebabkan jerawat. Jadi jangan mencucinya lebih dari tiga kali sehari, kecuali dalam keadaan kotor.

Toner

Bila tidak menggunakan peeling scrub, maka anda harus menggunakan toner setelah penggunaan susu pembersih. Toner membantu mengencangkan kulit anda. Hal ini juga akan merapatkan pori-pori terbuka selesai proses pembersihan. Juga membantu mengurangi sekresi minyak dari kulit, dan karenanya mengurangi rasa berminyak.

Toner akan menurunkan pH kulit, menyingkirkan minyak dan kotoran yang tidak bisa dihapus saat proses pembersihan. Anda juga dapat menggunakannya di siang hari untuk menjaga oil-free, dan segar tanpa terlebih dulu menggunakan pembersih. Toner bisa membuat kulit anda terasa kering karena biasanya mengandung alkohol. Jika hal ini terjadi, anda dapat mengurangi frekuensi penggunaannya. Hal ini biasanya tidak terjadi jika kulit anda sangat minyak.

Pelembab
Kulit berminyak juga perlu pelembab. Anda dapat mengoleskan pelembab ringan di atas kulit anda setelah penggunaan toner. Pilihlah pelembab berbasis air dan bebas minyak sehingga bisa mudah diserap, dan tidak akan meninggalkan wajah anda menjadi berminyak.
Pengelupasan

Pengelupasan akan membantu menyingkirkan sel-sel mati dan memberikan tampilan yang lebih segar. Pengelupasan akan menghilangkan kotoran pada kulit anda dan mengurangi penampilan berminyak. Pengelupasan kulit sekali seminggu adalah cara terbaik untuk mencegah jerawat.

Ingatlah bahwa untuk mengatasi kulit berminyak akan membutuhkan perawatan ekstra. Anda harus menjauhkan diri air panas saat mencuci muka. Air dengan suhu kamar adalah yang terbaik untuk digunakan saat mencuci wajah anda. Ddengan mengikuti tips yang iuraikan di atas akan membantu menyingkirkan wajah berminyak serta kusam. Perawatan kulit sehari-hari akan memastikan bahwa anda memiliki tampilan yang lebih segar sepanjang hari.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Berminyak"