Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resiko Tidak Sarapan Bagi Remaja: Resisten Terhadap Insulin

Apa resiko tidak sarapan? | Banyak orang mengabaikan sarapan karena menganggapnya tidak penting dan hanya buang waktu saja. Para peneliti menemukan resiko tidak sarapan bagi anak ternyata bisa lumayan berbahaya. Ternyata tidak sarapan membuat mereka rentan menderita diabetes di kemudian hari karena menjadi resisten terhadap insulin yang merupakan salah satu pertanda utama gejala awal diabetes. Diabetes yang dimaksud di sini adalah diabetes tipe 2.

Penelitian ini dilakukan di Inggris dengan melibatkan 4000 siswa sekolah berusia 9 sampai 10 tahun. Siswa yang melewatkan sarapan cenderung mejadi resisten terhadap insulin dan memiliki level gula darah yang sedikit lebih tinggi. Penelitian tersebut menyimpulkan sarapan yang rutin dapat mengurangi resiko serangan diabetes tipe 2.

Penelitian mengenai resiko melewatkan sarapan bagi anak dan remaja ini dipublikasikan di jurnal PLOS Medicine mengambil kesimpulan bahwa:

Observasi yang telah dilakukan memperkuat pendapat bahwa konsumsi sarapan yang teratur, terutama sarapan yang mengandung sereal tinggi serat, dapat melindungi dari resiko serangan diabetes tipe 2 di kemudian waktu.

Jangan Lewatkan Sarapan Untuk Anak

Ketua tim peneliti, Dr. Angela Donin dari St. George University mengatakan bahwa penelitian ini tidak secara langsung ditujukan untuk menjawab pertanyaan mengapa melewatkan sarapan bisa meningkatkan resiko terkena diabetes.

Beliau menjelaskan bahwa resiko tersebut lebih dikarenakan mereka yang tidak sarapan, cenderung untuk memakan makanan lain seperti snack atau jajanan yang berlemak dan berkadar gula lebih ketika merasa lapar. Selain itu, sereal memang bagus untuk menyediakan serat yang baik untuk perlindungan terhadap penyakit diabetes dan sejenisnya.

Saat ini, hampir 3 juta penduduk Inggris menderita diabetes tipe 2 yang dihubungkan dengan gaya hidup tidak sehat dan obesitas. Diabetes sendiri terjadi ketika tubuh tidak mau merespon insulin atau memroduksi terlalu sedikit hormon tersebut bagi tubuh.

Diabetes dapat mengakibatkan masalah pada penglihatan, gagal ginjal, stroke, dan penyakit jantung.

Sudah ada banyak bukti yang menyebutkan bahwa jika anda melewatkan sarapan maka anda akan menjadi lebih mudah gemuk. Kog bisa? Penjelasannya begini: jika anda melewatkan sarapan maka anda akan cenderung memakan apapun yang mengenyangkan ketika merasa lapar di jam-jam snack (jam 10-11). Dan yang mengenyangkan itu biasanya adalah yang berlemak dan bergula tinggi, yang semuanya itu tinggi kalori. Hasilnya? Anda menjadi mudah sekali gemuk.

Dengan sarapan, anda akan lebih mudah menolak godaan untuk makan snack berlebihan hampir sepanjang hari. Jadi, salah satu tips langsing paling mudah dan enak adalah: jangan lewatkan sarapan.

Posting Komentar untuk "Resiko Tidak Sarapan Bagi Remaja: Resisten Terhadap Insulin"