Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Dan Rabun Dekat Dengan Senam Mata

Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Senam Mata | Anda mengalami rabun jauh atau rabun dekat? Bagaimana cara menyembuhkannya? Selain faktor keturunan, keadaan dimana mata tidak sanggup berakomodasi dengan baik sehingga kehilangan kemampuan untuk fokus jika objek yang dimaksud berjarak terlalu jauh atau terlalu dekat inilah yang dimaksud dengan istilah rabun jauh dan rabun dekat.

Percaya atau tidak kalau ada yang mengatakan adalah fakta bahwa orang yang tinggal di desa relatif lebih aman terkena mata rabun dibanding orang kota?

Saya setuju dengan pernyataan tadi. Meskipun sebenarnya kita tidak bisa begitu saja mengamini hanya karena kita lihat jarang ada orang desa yang berkaca mata atau mengenakan soft lens. Kalau hanya dari jumlah mereka yang berkaca mata, bisa jadi karena mereka tidak sampai mikir beli kaca mata.

Saya percaya lebih karena melihat betapa orang kota sangat sering, entah dengan sengaja atau terpaksa memaksa mata hanya berakomodasi terbatas pada jarak dekat. 

Semisal aktivitas membaca, WAan, bekerja di depan komputer, bekerja dalam ruangan yang sempit. Atau intinya berada dalam keadaan tidak perlu melihat objek yang jauh dalam waktu yang lama dan ini terus berulang. Mau tidak mau, mata jadi tidak terlatih untuk melihat jarak jauh, hanya jarak dekat terus.

mata indah

Sementara orang yang tinggal di desa, tidak seperti itu. 

Mata mereka lebih sering melihat benda-benda yang jauh, mulai dari rumah mereka sampai pekerjaan mereka. 

Hampir tidak ada yang memaksa mereka melihat jarak dekat dalam waktu lama dan berulang, kecuali ketika sedang menjahit atau menambal kain yang robek, hehe…. 

Begitu juga lingkungan yang relatif lebih hijau, lebih segar, dan juga makanan yang lebih banyak menggunakan tumbuhan sebagai bahan dasar, turut membantu menjaga kondisi mata mereka berada dalam kondisi prima jauh lebih lama dibandingkan keadaan orang yang hidup di perkotaan, yang rumahnya saja sempit, tinggal di dalam gang, kerja di kantor, setiap hari pegang HP, menonton TV, dan… begitulah….

Kebiasaan yang merusak kesehatan mata

Ada beberapa kegiatan yang jika dilakukan berulang akan sangat mengurangi kemampuan mata berakomodasi. Sebaiknya jangan dilakukan jika sangat terpaksa. Jikapun terpaksa, segeralah mencari jalan supaya keadaan lebih baik bagi mata anda untuk berkerja. 

Seperti berikut ini:

  • Membaca sambil tiduran
  • Membaca di tempat dengan penerangan kurang
  • Membaca terlalu lama
  • Kurang mengkonsumsi makanan bervitamin A
  • Terlalu lama bekerja di komputer.
  • Nonton tv terlalu dekat
  • Main game dengan TV besar dan jarak dekat
  • Terlalu banyak nonton bioskop layar lebar, dll.

Jika mata anda dalam keadaan tegang dan lelah, anda bisa menggunakan ketimun atau tomat yang di iris dengan ketebalan sekitar setengah centimeter untuk mengompress selama 10 sampai 15 menit.

Jika mata stress ini berkelanjutan maka dapat mengakibatkan kecacatan mata seperti rabun jauh (miopi) atau rabun jauh (hiper metropi). Nah, untuk mencegah dan juga mengurangi mata anda yang terlanjur minus, anda bisa lakukan senam mata.

Senam mata untuk mengobati mata minus

Tidak ada jaminan bahwa setelah melakukan senam mata maka dengan serta merta mata anda akan kembali normal. Perlu waktu relatif lama dan usaha yang keras. Juga mungkin akan menimbulkan rasa pusing dan mual. Maka lakukanlah secukupnya saja per sesi-nya. Tidak perlu dipaksakan.

Latihannya seperti ini:

LATIHAN 1: Mata Melirik Ke Kiri Dan Ke Kanan

Latihan senam mata ini baik untuk membantu merangsang otot mata agar mata otot mata dapat dapat cekung dengan baik dan tidak kaku.

Caranya:

  1. Pandangan lurus ke depan.
  2. Tangan kanan berada di sebelah kanan badan sejajar leher.
  3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
  4. Lihat jari anda dengan fokus dengan cara menoleh ke kanan.
  5. Palingkan wajah anda ke kiri perlahan tanpa kehilangan pandangan fokus anda ke jari tadi.
  6. Tahan pandangan ketika merasa mata sudah maksimal.
  7. Ketika sudah lelah bebaskan mata anda dengan melihat yang jauh.

Tips:

  • Lakukan ke arah yang berbeda seperti ke kiri, bawa, atas, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah, dan lain sebagainya.
  • Kemungkinan dapat menimbulkan rasa pusing dan mual. Itu tandanya mata anda butuh latihan ini.
  • Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau memejamkan mata sambil tiduran.
  • Senam ini mungkin dapat mengobati rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
  • Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
  • Sebaiknya jangan terlalu lama, sekitar 10 sampai 30 detik saja tiap lirikan.
  • Setelah latihan mata mungkin mata anda jadi agak tidak nyaman untuk melihat benda-benda yang dekat jaraknya.
  • Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pohon jauh dan dekat tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
  • Semoga mines / ples anda berkurang. Kalau sudah merasa berkurang ganti kacamata anda agar tidak memakai kacamata yang sekarang yang dapat mengembalikan cacat mata anda ke sediakala.

LATIHAN 2 : Fokus Pandangan Mata Jauh Dekat

Latihan berikut ini dapat membantu otot mata anda agar bergerak ke fokus jauh dan fokus dekat. Namun latihan ini mungkin dapat membuat mata anda agak buram kembali setelah melakukan latihan 1 di atas. Mungkin ada baiknya melalukan latihan 2 dulu baru yang 1, atau hanya melakukan latihan 1 saja bagi yang bermasalah rabun jauh.

Caranya:

  1. Pandangan lurus ke depan.
  2. Tangan kanan berada di depan badan sejajar leher.
  3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
  4. Lihat jari anda dengan fokus.
  5. Gerakkan jari maju mundur pelan-pelan dan mata tetap fokus mengikuti gerakan jari.
  6. Setelah beberapa kali maju mundur lepaskan mata dengan melihat benda-benda jauh.

Tips:

  • Tips ini mungkin akan lebih terlihat hasilnya pada orang yang matanya mines rendah.
  • Bagi yang mines tinggi sebaiknya jangan dipaksakan karena belum tentu membawa hasil.
  • Kemungkinan latihan ini bisa menimbulkan rasa pusing dan mual.
  • Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau merem sambil tiduran.
  • Senam ini mungkin dapat meneymbuhkan rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
  • Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
  • Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pepohonan tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
  • Segera hubungi dokter spesialis mata jika mengalami gangguan.

Sekedar saran:

Saat ini ada banyak cara pengobatan yang ditawarkan. Baik yang menggunakan obat-obatan atau terapi. Semuanya baik, karena kita berikthiar. Tetapi ada baiknya kita berhati-hati jika pengobatan tersebut menggunakan obat, ramuan, tindakan yang menurut akal sehat anda tidak masuk akal. Jangan ragu bertanya. Terlebih jika obat-obatan tersebut tanpa rekomendasi dokter, sebaiknya jangan. Untuk pengobatan mata dengan jalan pijat refleksi itu masih aman. sumber: http://www.organisasi.org

Disclaimer:

Saya tidak bertanggung jawab jika setelah melakukan senam mata ini keadaan mata anda tidak menjadi lebih baik atau malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika setelah latihan senam mata ini bertambah parah segera hentikan dan hubungi dokter kesayangan anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menyembuhkan Rabun Jauh Dan Rabun Dekat Dengan Senam Mata"